Review Wahana Daerah : Besuki, Situbondo, Jawa Timur Wahana RS : RSUD Besuki Wahana Puskesmas : Puskesmas Besuki
Keterangan :
Fasilitas
- Rumah dinas : tidak ada
- Kendaraan dinas : ada
- Insentif RS : 1jt/bln tpi tidak lancar
- Insentif PKM : ada, 500-700 an per bulan
Akses Jalan menuju wahana
Dari srbya ke besuki bisa pakai travel atau bus sekitar 4-5 jam. Jarak rumah sakit dan puskesmas dekat, kos kosan tersedia banyak di sekitarnya.
Biaya hidup : murah
STASE RS
- UGD
- jadwal jaga dibagi 2 shift (3org/kelompok) krna kmi hnya 9 org, pagi dan sore
- setiap shift jaga ada 1 dokter organik yg menemani, tpi juga sering ditinggal sendiri
- jadwal atur sendiri dengan 1 kelompok, boleh izin tapi di back up oleh teman.
- perawat UGD rata” baik dan sigap melaksanakan advise dokter internsip tapi ada beberapa yang tidak sigap dan tidak langsung mengerjakan karena sibuk sendiri.
- dokter pendamping iship UGD baik, santai dan mau membimbing.
- kamar jaga dokter fasilitas kipas angin dan tidak terlalu luas, tetapi berencana kamar jaga dokter segera dipindahkan ke bangunan baru (karena RS ini sedang pembangunan)
- RS besuki ini merupakan RS tipe D hanya mempunyai 2 dokter spesialis (interna dan anak) jadi otomatis sering merujuk pasien. Untuk dokter spesialis obgyn akan diusahakan sebentar lagi.
- cara kerja di UGD : iship bertanggung jawab penuh utk psien
nb : ada beberapa dokter organik yang sering meninggalkan iship bekerja sendiri.
- POLI DAN RUANGAN
- jam kerja hari senin-sabtu, tanggal merah libur
- poli ada 3 (interna, anak, poli umum)
- ruangan dibagi 3 (interna, anak, obgyn)
pagi jam 07.00 visite sebelum dokter konsulen visite, visite ssuai stase yg dipegang
STASE PKM
- jam kerja masuk jam 08.00-14.00 senin- kamis, 08.00-11.00 jumat, 08.00-13.00 sabtu untuk apel setiap senin dan kamis masuk jam 07.00
- dokter pembimbing baik dan disiplin
- pasien poli umum disini banyak, bisa sampai 100 pasien
- pkm ini mempunyai UGD, jadi untuk malam hari, doksip mempunyai jadwal oncall yg sudah disepakati 1 kelompok untuk konsul pasien ugd
- untuk pelayanan luar gedung seperti pos lansia, posbindu, anc terpadu, doksip yg ditugaskan
Tambahan : dinas kesehatan kurang memperhatikan ttg kecelakaan kerja yg dialami iship
Kesimpulan : wahana ini bnyk kekurangannya ttpi iship sngt dibutuhkan disini